Tanjung Bira Kerajaan Hiu

Sebenarnya sudah banyak blog yang menulis tentang Tanjung Bira. Tapi saya mau menambahkan hal menarik lainnya di Tanjung Bira.

Tanjung Bira tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya dan pembuatan kapal phinisi. Tetapi Tanjung Bira juga menawarkan keindahan bawah laut yang bukan hanya bisa dinikmati dengan snorkeling.

Bara Beach
Tanah Beru, tempat pembuatan kapal pinisi

Tanjung Bira berada di paling ujung selatan daratan Sulawesi Selatan, terletak di Kabupaten Bulukumba yang berjarak sekitar 200 km dari Makassar. Butuh 5-6 jam perjalanan darat menuju Tanjung Bira.

Selama perjalanan, kita akan disungguhkan dengan pemandangan persawahan. Di daerah Jeneponto kita akan melihat banyak kuda berkeliaran di padang rumput. Daerah Jeneponto memang terkenal dengan kuda. Bukan terkenal untuk wisata berkuda, tapi makanan dari kuda :). Rumah makan Coto dan Konro Kuda banyak betebaran di daerah itu. Rombongan saya sempet mencicipinya. Tapi saya tidak mencobanya karena rasa iba yang teramat dalam 🙂

Setelah 5 jam perjalanan kami sampai di penginapan kami Hakuna Matata Resort. Namanya lucu. Tempatnya juga bagus. Letaknya ada di atas tebing, tapi ada tangga turun ke laut. Mirip dengan Amatoa Resort. Bedanya Hakuna Matata dimiliki oleh orang pribumi, sedangkan Amatoa Resort dimiliki orang asing. Jangan pandang sebelah mata kalau dengar milik pribumi. Resort ini pelayanannya bagus, kamarnya bersih, fasilitas lengkap, pemandangan dari resort luar biasa. Yang paling penting harganya lebih murah dari Amatoa Resort :).

Hakuna Matata Resort

Hari pertama tidak memungkinkan kami untuk diving karena sudah terlalu sore. Lagipula badan masih penat karena perjalanan yang jauh dan lama dari Jakarta.

Esok hari setelah sarapan kami menyelam di depan resort dulu. Spot-spot diving di sekitar Tanjung Bira arusnya tenang. Walaupun ada spot yang arusnya luar biasa hebat. Nama spot-nya Fish Market. Kami tidak ke sana karena beberapa peserta belum cukup pengalaman. Spot diving di sekitaran resort cukup bagus, kami melihat moray eel, penyu (banyak penyu di sekitaran resort), nudibranch, stingray, dan berbagai ikan-ikan kecil yang unyu.

Penyelaman-penyelaman berikutnya kami lakukan di Pulau Kambing dan Pulau Liukang. Berjarak sekitar 15 menit naik boat ke pulau tersebut. Nah spot-spot diving di pulau-pulau ini arusnya sedang sampai kuat. Tapi alam bawah lautnya bagus banget. Koralnya cantik, ikannya lebih banyak, jarak pandang (visibility) lebih bagus. Yang lebih menarik, hampir di setiap penyelaman kita bisa melihat ikan hiu di pulau-pulau ini. Tidak hanya satu, tapi beberapa sekaligus. Kebanyakan jenis white tip sharks.

Pulau Kambing
Clear visibility
Ada 2 hiu bermain di depan kami di kedalaman 10 meter

Pada bulan Mei – Juli ketika suhu air dingin, kesempatan untuk melihat hiu jenis lainnya lebih besar, seperti bull shark, tiger shark, whale shark, sampai hiu langka seperti guitar shark.

Guitar Shark. Pic from Bira Dive Camp instagram

Oleh karena itu tidak heran jika orang menyebut Tanjung Bira sebagai Kerajaan Hiu atau tempat yang paling ber-hiu (sharkiest place) di Indonesia. Karena berbagai jenis hiu ada di sini dan dapat kita jumpai hampir di setiap penyelaman.

Pada bulan Mei – Juli kita juga bisa melihat Manta dan Mola-Mola di Tanjung Bira karena suhu air yang dingin.

Hari kelima kami kembali ke Makassar menuju bandara untuk terbang ke Jakarta. Dekat dengan Tanjung Bira, kira-kira 45 menit dari sana, ada kota Bantaeng. Di sini ada air terjun Bissapu. Cocok untuk berfoto ria buat Instagram 🙂

Bissapu waterfall

Lihat video perjalanan kami di sini