Bali Dive Safari

Kembali ke Bali! Sudah tidak ingat berapa kali jalan-jalan ke Bali, tapi ini adalah trip ke-3 dengan tujuan menyelam alias diving. Ah pokoknya tidak pernah bosen pergi ke Bali. Selalu ada saja hal yang baru. Nanti saya ceritakan hal apa yang baru saya coba.

Trip kali ini bertujuan untuk mengantar beberapa orang teman yang mau mengambil kursus diving di Bali. Total rombongan ada 10 orang. 2 orang ambil kursus pemula, 6 orang ambil kursus advanced, 2 orang lagi fun diving saja.

Kami menginap di dive center yang berada di Tulamben. Banyak sekali dive center di Tulamben. Tapi saya sudah langganan dan percaya dengan salah satu dive center bintang 5 di sana, yaitu Bali Reef Divers. Walaupun bintang 5, harganya tidak terlalu mahal. Menginap di sini cukup terjangkau. Harga kamarnya hanya Rp.200.000 semalam. Murah namun cozy. Ada juga tipe shared dorm. Kamar tipe ini hanya ada 1. Di dorm ini bisa sharing dengan orang-orang lain. Di dalam kamar ada 2 tempat tidur tingkat. Dengan kata lain 1 kamar bisa diisi 4 orang. Kamarnya juga cozy harganya murah! Hanya Rp.50.000 semalam. Dari dive center ke lokasi penyelaman, kami tinggal menyeberang jalan.

Oh iya, lama perjalanan dari airport ke Tulamben sekitar 3-4 jam.

Kolam di dive center
Suasana kolam di dive center
Salah satu kamar di dive center

Hari pertama sesampainya kami di dive center, 2 orang yang ikut kursus pemula langsung kelas teori dan kolam, lalu menyelam 1x bersama 2 murid lain. Sedangkan yang lain fun diving saja.

Kasihan instruktur yang mengajar pemula. Muridnya bergantian naik turun di dalam laut. Maklum lah pemula :). Instrukturnya harus bolak balik membantu murid-muridnya supaya stabil. Gara-gara ini si instruktur menyebut mereka wow wow divers karena si instruktur dibuat wow repotnya 😀

Untuk yang lain, asyik menyelam di wreck yang terkenal di dunia, yaitu USS Liberty wreck. Sejarah singkatnya ada di link ini http://en.wikipedia.org/wiki/USAT_Liberty

Yang mempunyai kamera, pasti puas foto-foto di sini. Mau ambil foto macro bisa, mau ambil wide juga ciamik, apalagi narsis di wreck :).

Barracuda di wreck Tulamben
Barracuda sendirian di wreck Tulamben (biasanya berkelompok)
Into the wreck

Esoknya kebetulan adalah hari kemerdekaan RI yang ke-69. Sebelum kursus advanced dimulai, kami melakukan pengibaran bendera dulu di dekat wreck. Ini adalah pengibaran bendera bawah laut pertama kalinya untuk saya 😉

Pengibaran bendara bawah laut
Merdekaaa...
Merdekaaa…

Hari ke-3 kami diving di Amed karena yang kursus advanced harus mencoba drift dive (menyelam di laut berarus). Perjalanan dari Tulamben ke Amed hanya sekitar 15-20 menit. Di Amed sama seperti Tulamben, entry ke lautnya melalui pantai (shore entry). Pantai di Tulamben dan Amed adalah pantai bebatuan. Tapi di Amed, batu-batuannya lebih kecil sehingga masih lebih mudah entry-nya dibandingkan di Tulamben.

Nama spot di Amed untuk drift dive adalah Bunutan. Sebelum ketemu arus, kita melewati pasir yang penuh dengan lubang-lubang belut. Oleh karena itu spot ini sering juga disebut eels garden karena banyak sekali belut-belut. Kalau kita mendekat, belutnya akan langsung turun ngumpet ke pasir. Setelah kita lewat belutnya akan muncul lagi. Ini adalah pengalaman pertama kali menyelam di taman belut.

Eel garden di Bunutan
Eel garden di Bunutan Amed. Photo from google

Untuk penyelaman ke-2 di Amed, kami pergi ke spot penyelaman bernama Jemeluk. Di sini karakter penyelamannya adalah dinding karang (wall drop off). Entry dari pantai, lalu menyusuri pasir, dan ketemu wall dengan karang-karang yang masih bagus. Banyak ikan yang bermain-main di karang-karang. Salah satunya ikan Bumphead segede orang. Dasar laut di wall ini masih terlihat. Tidak seperti di Bunaken yang kita tidak bisa lihat lagi dasarnya karena ada di kedalaman ratusan meter.

Bumphead segede orang lagi ngumpet di karang
Napoleon fish segede orang lagi ngumpet di karang. Photo taken by Odon
Narsis di Jemeluk Amed

Hari ke-4 kami check out dari dive center di Tulamben menuju dive center langganan lain di daerah Sanur, yaitu On Blue Dive untuk menyelam di Pulau Nusa Penida. Ini juga menjadi pengalaman pertama saya menyelam di pulau Nusa Penida. Kami berangkat jam 5.30 pagi karena kami harus berangkat ke pulau Nusa Penida dari Sanur jam 9 supaya bisa diving 2x di sana.

View pagi hari di belakang dive center. Photo taken by Satya Wibisana

Lama perjalanan dari Tulamben ke Sanur sekitar 3 jam. Sementara lama perjalanan dari Sanur ke pulau Nusa Penida kurang lebih sekitar 45 menit.

Spot pertama yang kami singgahi adalah Manta Point. Di spot ini terdapat arus tapi tidak kencang. Karang di sini sangat bagus, ikan banyak, jarak pandang bagus sekali. Selama 35 menit kami menyelam tidak tampak batang hidung si Manta. Kami hampir pasrah dan kecewa. Walaupun sempat terhibur dengan kehadiran ikan hiu lugu :). Tapi akhirnya si Manta datang dan lewat persis di atas kepala saya. Ahhh senang sekali akhirnya bisa sedekat itu dengan Manta!

Ikan hiu di Manta Point Nusa Penida
Manta lewat di atas kepala

Spot penyelaman ke-2 kami di pulau Nusa Penida adalah Crystal Bay. Ini adalah spot favorit untuk melihat ikan Mola-Mola atau Sun fish. Bulan Agustus sampai Oktober adalah waktu terbaik untuk bertemu ikan Mola-Mola yang langka ini. Akan tetapi sungguh disayangkan, grup kami tidak ketemu si ikan Mola-Mola ini. Tapi tak apa, one day mungkin bisa berjumpa.

View di Crystal Bay Nusa Penida
View di Crystal Bay Nusa Penida. Photo taken by Kelvin

Yak diving days is over. Malamnya kami kongkow-kongkow saja di Woo Bar. Besok paginya kami menyempatkan diri ke pantai Pandawa sebelum pulang. Ini juga pertama kalinya saya ke sini. Norakk! Hehe.