Dive Trip Lightly

Pernah dive trip dengan membawa alat-alat selam? Pernah kelebihan berat bagasi? Nah tips di bawah ini mungkin bisa membantu mengatasi kelebihan berat bagasi agar tidak menambah beban biaya perjalanan.

Travel light

1. Memilih maskapai penerbangan yang memberikan bagasi gratis untuk alat olah raga sampai dengan berat tertentu, bahkan tanpa batasan.

Rata-rata maskapai penerbangan menawarkan bagasi check-in gratis. Garuda Indonesia memberikan bagasi gratis sampai dengan 20kg, Sriwijaya Air s/d 20kg, Lion Air s/d 20kg, Batik Air s/d 20kg, Citilink s/d 15kg, Air Asia s/d 15kg.

Selain bagasi gratis untuk barang bawaan umum, beberapa maskapai penerbangan memberikan extra bagasi untuk alat-alat olah raga.

Garuda Indonesia menawarkan tunjangan gratis peralatan olahraga.

Batik Air juga memperbolehkan membawa sepeda, papan selancar, peralatan golf dan peralatan menyelam tanpa biaya tambahan.

Citilink memberikan bagasi gratis hingga 20kg untuk peralatan olah raga.

Untuk maskapai lainnya belum ada tunjangan bagasi gratis untuk peralatan olah raga.

Kalau dilihat maskapai Garuda, Citilink dan Batik Air yang memberikan kapasitas bagasi gratis yang lebih banyak, sehingga total bagasi gratis bisa mencapai 43kg (20+23kg).

2. Beli/bawa alat-alat diving yang lightweight

Sekarang sudah banyak alat-alat diving (BCD, regulator, fins) yang ringan sehingga mengurangi berat bagasi dan mengurangi beban ketika dipakai.

Walaupun demikian terkadang alat-alat yang lightweight memang sedikit lebih mahal, tapi untuk yang sering bepergian tidak ada ruginya membeli alat-alat ini.

Pertimbangkan juga membeli koper bagasi (hardcase ataupun softcase) yang ringan. Tinggal mensiasati bagaimana agar aman dan terjaga (khususnya softcase). Bisa minta di-wrap untuk menambah keamanan, plus minta ditempel stiker pecah belah (fragile) sama petugas check-in.

Membawa full foot fin daripada open heel fin juga bisa meringankan berat. Sehingga tidak perlu membawa booties.

Jika kita tau kondisi laut tempat kita akan diving tidak terlalu dingin, bisa membawa wetsuit yang tidak terlalu tebal (di bawah 3mm).

4. Barang dikirim dengan Ekspedisi

Untuk destinasi tertentu seperti: Bali, Manado,Lombok, gearbag bisa dikirim dengan ekspedisi. umumnya harga dipatok per kilogram atau per koli (per buah). Rata-rata harga pengiriman ke Bali sekitar Rp 5000/kg. ini lumayan menghemat ketimbang kena overweight. Terlebih untuk diver yang merupakan underwater photo/videographer serius. Hanya saja barang sebaiknya dikirim 1-2 minggu sebelum trip & bisa ditujukan ke hotel atau dive center yang kita gunakan.

5. Ajak teman atau keluarga untuk ikut (lebih baik diver yang belum punya gear atau non diver)

Usahakan untuk group check-in, sehingga bagasi bisa digabung. Kapasitas bagasi teman yang masih sisa dapat dimanfaatkan untuk menutup kelebihan berat bagasi kita. Beri pengertian kepada mereka untuk juga menerapkan travel light, dan hindari belanja terlalu banyak di tempat tujuan 😀

6. Tidak perlu bawa gear, atau bawa gear favorit saja

Jika kita sudah tau bahwa gear di dive center yang kita tuju kondisinya masih baik. Tidak ada salahnya kita menyewa dive gear. Sewa dive gear juga tidak terlalu mahal per harinya. Untuk sewa full set alat diving sehari harganya antara Rp.150.000-200.000.

7. Bawa barang seperlunya dan pakaian secukupnya yang tipis. Bawa masuk cabin pesawat

Hitung kebutuhan pakaian selama beberapa hari trip. Jangan bawa terlalu banyak. Untuk trip ke pantai/pulau ada baiknya membawa pakaian yang tipis/adem (bukan berarti yang bisa tembus pandang 🙂 ) agar tidak terlalu panas dan tidak menambah beban bawaan. Misalnya celana cargo bisa diganti dengan membawa celana pantai/surf.

Untuk barang lainnya, sebelum dibawa dipikirkan dahulu apakah kita benar-benar memerlukannya di tempat tujuan. Misalnya, handuk, sisir, sikat gigi, odol terkadang disediakan oleh penginapan. Pikirkan juga apakah kita benar-benar membutuhkan laptop atau tablet di tempat tujuan.

Satu hal lagi: Think in terms of what you can do without — not what will be handy on your trip.

8. Jadi member frequent flyer

Sering terbang bisa mendapatkan upgrade membership dan mendapat tambahan kapasitas bagasi.

9. Jemur alat-alat diving yang basah

Pastikan seluruh dive gear dalam keadaan kering ketika pulang. Usahakan waktunya mencukupi untuk mengeringkan dive gear sebelum waktunya pulang.

Biasanya dive gear yang basah akan lebih berat sampai 5kg dari keadaan kering.

Semoga bermanfaat

@Rezkito

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s