Pulau Weh: Sarang Belut Laut

Akhirnya sampai juga di ujung Indonesia paling barat: Sabang!

Seperti biasa, tujuan saya adalah untuk menyelam. Pulau Weh Sabang bisa dibilang tempat menyelam yang paling populer di Sumatera.

Untuk bisa ke Sabang, kita harus terbang dulu ke Aceh. Dari bandara Aceh, kita harus sewa mobil ke pelabuhan Ulee Lheue sebesar Rp.100.000-150.000 sekali antar. Lama perjalanan sekitar 30 menit.

Keberangkatan kapal cepat dari pelabuhan Ulee Lheue Aceh ke Sabang jam 9.30 dan jam 16.00. Nah karena saya dan rombongan baru tiba siang di Aceh, kami harus naik kapal cepat yang sore. Harga kapal cepat sebesar Rp.75.000. Lama perjalanan dari pelabuhan Ulee Lheue ke Sabang sekitar 45 menit.

Sesampai di pelabuhan Sabang, kami harus meneruskan perjalanan darat menuju pulau Weh dengan menggunakan mobil selama kurang lebih 1 jam dengan biaya Rp.50.000/orang sekali antar.

Di pulau Weh, kami menginap di salah satu penginapan yang cukup populer, yaitu Iboih Inn. Di penginapan ini lebih afdol memilih kamar yang langsung menghadap laut (waterfront). View lautnya keceh. Harganya sekitar Rp.500.000/malam termasuk makan pagi. Selain itu ada pilihan jenis kamar lain dengan rentang harga Rp.200.000-400.000/malam. Di Google sudah banyak foto-foto Iboih Inn. Wifi tersedia di restoran.

Ini foto view laut dari penginapan yang saya ambil sendiri

Dermaga di Iboih Inn
Dermaga di Iboih Inn
View pantai Iboih
View pantai Iboih

 

Ombak di Pulau Weh tidak besar, kecuali di bagian pulau yang menghadap langsung Samudera Hindia. Kalau diving di spot yang bernama Batee Gla, The Canyon, dan Pantee Peunateung, maka siap-siap ombak besar. Weleh weleh

Dive site

Sedangkan kondisi arus bawah laut pulau Weh mulai dari tenang (mild) sampai dengan cukup kencang (strong). Rata-rata sih arusnya sedang. Lebih baik membawa hook atau pointer.

Berikut ini adalah beberapa dive spot yang kita coba:

1. West Seulako. Kondisi arus sedang.
2. Batee Tokong. Kondisi arus sedang.
3. East Seulako. Kondisi arus sedang.
4. Sea Garden. Kondisi arus sedang.
5. The Canyon. Kondisi arus sedang. Ombak besar.
6. Arus Balee. Kondisi arus kencang.
7. Seulako Tokong. Kondisi arus sedang.
8. Underwater Volcano. Kondisi arus tenang.
9. North Rubiah. Kondisi arus sedang.

Bawah laut Pulau Weh bisa dibilang sangat sehat. Soft coral, hard coral, sea fan coral tumbuh dengan baik dan wah. Banyak sekali gerombolan ikan-ikan kecil warna warni.

Belut laut (Moray Eels), Lion fish, Leaf Scorpion fish mudah dijumpai di bawah laut Pulau Weh. Biasanya belut laut ngumpet di celah-celah karang, tapi di Pulau Weh banyak yang narsis keluar dari karang. Saya baru pertama kali lihat black spotted moray eel di Pulau Weh ini.

moray eels
Black Spotted Moray Eel
Leaf Scorpion Fish
Leaf Scorpion Fish

Di spot Batee Tokong sempat bertemu kelompok kecil ikan baraccuda, eagle ray dan giant trevally. Saya sempat merekamnya. Sayang di sini gak bisa upload video ๐Ÿ˜ฆ

Giant Trevally
Giant Trevally

Yang paling unik adalah spot Underwater Volcano. Karena Pulau Weh adalah pulau vulkanik, di kedalaman 9 meter terdapat fumarol menyembur dari dasar laut. Fumarol adalah lubang yang sering terdapat di sekitar gunung berapi, yang mengeluarkan uap dan gas seperti karbon dioksida, sulfur dioksida, asam hidroklorik, dan hidrogen sulfide.

Underwater Volcano
Underwater Volcano

Oh iya, pemandangan pantai di depan dive center ciamik loh.

Iboih Beach
Iboih Beach
Iboih Beach
Iboih Beach
This is us
This is us

Mumpung di Sabang, sekalian lah kita ke Tugu Nol Kilometer. Hanya 8 km dari penginapan. Kami sewa motor Rp.100.000 per hari.

Kilometer 0
Kilometer 0
at Kilometer 0
at Kilometer 0

 

@Rezkito

Note:
– Jadwal kapal dari Aceh ke Sabang jam 10.30 dan 16.00.ย  Sedangkan dari Sabang ke Aceh jam 8.00 dan jam 16.00
– Ada larangan kegiatan laut setiap hari Kamis jam 19.00 sampai Jumat jam 14.00
– Bikini dan pakaian renang bagi non muslim tidak dilarang di pantai Iboih, tapi sebaiknya tetap menjaga kesopanan pakaian
– Best time to dive Pulau Weh: May โ€“ October

Advertisements

14 thoughts on “Pulau Weh: Sarang Belut Laut

  1. sedikit tambahan mas, jika mau ambil pagi2 nyebrang ke Balohan, bisa dari Medan. Naik psw ke Medan, lalu naik kereta cepat ke arah merdeka walk (per org 80rb, kalau ber4 lebih murah.kalau cm sendiri atau berdua, cari orang barengan aja..lumayan hemat).
    Dari merdeka walk bs naik bentor atau angkutan umum ke arah bus ke Aceh… ada beberapa bus bagus, ada Kurnia, Sempati, dll. harga sekitar 200-350rb. Perjalanan Medan Aceh sekitar 12 jam.. kalau berangkat jam 7 malam tentu sampai Aceh jam 7 pagi.
    Naik taksi Rp 40.000 ke ulhee lheu… bisa ambil penyebrangan pertama jam 10. sampai di Balohan bs naik taksi 50.000 per orang atau sewa mobil lepas kunci Rp 250.000- 300.000 perhari.
    Enaknya sewa mobil, kita ga pusing kalau mau pindah penginapan. sebaiknya ke KM 0 dulu baru ke iboih inn. Karena harus naik boat dari teupin layeu-nya.
    Kalau cuma keliing Pulau Weh, seharian bisa. Kalau mau snorkling dan diving puas, tentu lebih dari seminggu ๐Ÿ™‚
    Di teupin layeu juga ada penginapan backpackeran, kamar mandi diluar. Penginapan di pulau Weh berkisar 75.000an sampai jutaan ๐Ÿ™‚ tergantung lokasi
    tahun lalu saya ke pulau Weh menggunakan pesawat ke Aceh. Namun penyebrangan hanya bisa sore sehingga sampai disana malam. Kapal cepat belum tentu menyeberang kalau ombak besar.
    Akhirnya Juni kemarin saya putuskan jalan darat dari Medan. Karena saya sudah beberapakali kesana saya sewa mobil lepas kunci dan saya yg menyetir, sekaligus keliling pulau. Plus ngeracunin teman untuk snorkling..karena mereka belum pernah, saya sewa 2 set masker, fin dan pelampung. Sore jam 6 snorkling di depan hotel, iboih inn. Hampir 1 jam mereka menggunakan alat bergantian. Besoknya baru ada keberanian snorkling di pulau Rubiah. kali ini masing2 menyewa alat, sudah tidak gantian seperti kemarin ๐Ÿ™‚ Alhamdulillah mereka fun. Karena disana kami 2 malam, waktu tidak terbatas. Sore hari kami pindah hotel karena ingin menikmati kota Sabang bawah.
    Oh ya kalau ke pulau rubiah, jangan lupa bawa uang, kalau mau minum atau makan disana..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s