Etika pada Kegiatan Menyelam

Siapapun anda, dari mana pun anda, pasti diharapkan untuk menjaga sikap sopan santun / tata krama / etika kepada sesama. Tak terkecuali pada saat kita pergi berlibur. Di sini saya mau membahas soal etika yang perlu diperhatikan pada saat kita melakukan perjalanan untuk menyelam (dive trip).

Ya, pada kegiatan menyelam tetap ada beberapa etika (bisa juga disebut peraturan tidak tertulis / unwritten rule) yang perlu diperhatikan.. Mengapa ini perlu diperhatikan dan penting? Karena kita ingin agar kegiatan liburan / menyelam kita menyenangkan, tidak terganggu hal-hal yang membuat kita atau orang lain tidak nyaman.

Berikut ini adalah etika dalam kegiatan menyelam yang perlu diperhatikan:

1. Tepat waktu!

Jangan biarkan org lain menunggu anda terlalu lama, supaya kegiatan menyelam tetap sesuai jadwal. Apalagi berkaitan dengan tide table (prediksi tinggi/rendahnya ombak laut). Di tempat tertentu, jadwal menyelam harus memperhatikan tide table. Akan lebih menyenangkan bila kita menyelam pada jam-jam kala ombak tidak terlalu tinggi.

Kerugian lainnya jika tidak tepat waktu adalah hilangnya kesempatan menyelam. Dari yang dijadwalkan 3x sehari, menjadi hanya 2x.

2. Minta permisi untuk naik ke kapal.

Mungkin saja awak kapal belum selesai menyiapkan segala sesuatu untuk keperluan penyelaman, dan anda mungkin bisa mengganggu persiapan tersebut.

3. Bersiaplah segera

Ketika akan mencapai titik menyelam, akan lebih baik jika anda sudah mulai bersiap. Minimal mulai menggunakan wetsuit, kemudian atur peralatan anda di dekat anda, sehingga lebih memudahkan anda untuk memasang peralatan menyelam anda nanti.

Jangan biarkan org lain yang sudah turun ke laut menunggu anda, sementara anda masih santai mengenakan alat.

4. Dengarkan petunjuk dive operator atau kapten kapal

Setelah di atas kapal, kapten kapal dan dive guide akan meminta perhatian anda mengenai kondisi titik penyelaman, safety information, emergency procedure, dan lain-lain. Stop apa yang sedang anda kerjakan dan dengarkan penjelasan mereka. Itu hanya memakan sedikit waktu anda.

5. Jangan terlalu banyak menggerakan kaki katak / fins anda di dasar laut yang berpasir.

Penyelam lain mungkin akan merasa terganggu karena pandangannya menjadi terbatas akibat banyaknya pasir yg terangkat.

Aturlah daya apung (buoyancy) anda supaya tidak terlalu dekat dengan dasar laut berpasir dan usahakan tidak menggerakan fins berlebihan. Jika masih kesulitan mengatur buoyancy, usahakan anda tidak terlalu dekat dengan dasar laut berpasir. Lebih baik jika anda mengikuti kursus untuk meningkatkan buoyancy skill, mengingat ini suatu skill yang sangat diperlukan dan penting dalam kegiatan menyelam.

6. Jangan terlalu sering membunyikan tangki atau rattle pointer.

Terkadang terlalu banyak bunyi yang dibuat akan membuat bingung dan kurang nyaman bagi penyelam lain. Berilah signal bunyi seperlunya saja.

7. Jangan mengejek cara menyelam penyelam lain.

Ingat, anda mungkin pernah melakukan kesalahan dalam menyelam. Nobodyโ€™s perfect.

Jangan merasa diri lebih dari yg lain. Lebih baik jika kita membagi ilmu / sharing tentang teknik menyelam yg baik dengan tetap rendah hati.

8. Jangan terlalu pamer.

Memamerkan tingkat sertifikasi anda, tidak seketika membuat anda mendapat respect. Demikian juga dengan memamerkan pengalaman perjalanan menyelam anda ke daerah-daerah lain, lalu membandingkan dengan tempat anda menyelam sekarang. Kemudian mengatakan bahwa tempat menyelam yang sekarang tidak sebagus di daerah lain. Hal ini membuat penyelam lain yang tadinya sangat senang dan puas setelah menyelam menjadi kecewa karena tidak melihat lumba-lumba menari, tidak bisa berenang bersama hiu paus, pari manta, dan lain-lain. Hal ini tentu saja juga tidak menghormati dive operator yang sedang menemani anda.

9. Jangan mengambil foto macro terlalu lama.

Apalagi bila banyak penyelam lain menunggu giliran. Berilah kesempatan untuk penyelam lain mengambil gambar.

Di samping itu, sebagian penyelam lain punya tujuan fun dive, bukan underwater photography

10. Hindari / tahan perselisihan dengan teman / pasangan anda

Hal ini dapat membuat orang lain merasa risih dan tidak nyaman di atas kapal.

11. Kapal bukan forum yang tepat untuk membicarakan hal-hal berbau politik dan religius.

Hey kita sedang liburan! nanti saja bahas hal-hal yang serius dan sensitif.

12. Utamakan penyelam yang lebih lemah dan sudah tua untuk naik ke kapal setelah penyelaman.

Ini sih cukup jelas ya ๐Ÿ™‚

13. Jangan membuat bebauan.

Anda bukan pergi ke mall, anda tidak perlu menggunakan parfum. Beberapa penyelam mempunyai masalah mabuk laut. Bau-bauan adalah salah satu penyebabnya.

Hindari juga merokok di atas kapal, Di samping membuat bau rokok, tentu cukup membahayakan.

14. Jangan merusak ekosistem laut

Ingat kita harus menjaga ekosistem laut (karang, mangrove, padang lamun dan hewan laut). Secara ekologi dan sosial ekonomi, seluruh bentuk ekosistem pesisir dan laut tersebut sangat penting karena memberikan jasa lingkungan (environmental services) besar untuk masyarakat Indonesia, antara lain asupan protein (hewani dan nabati), keindahan bahari, air dan udara bersih di kawasan pesisir dan perlindungan kawasan pantai dari ancaman bencana alam seperti abrasi dan tsunami.

15. Ucapkan terima kasih dan berilah tip secukupnya kepada dive guide dan kru kapal.

Sekian, semoga berguna ๐Ÿ™‚

@RezkitoImage

Advertisements

2 thoughts on “Etika pada Kegiatan Menyelam

  1. Mohon bebauan itu diperjelas..apa iya hanya minyak wangi? hihihihihi…
    Yang nomer 8 itu, waduuh, sering banget ketemu penyelam asing yg seperti itu terutama pas menyelam di Karibia sih. Ada yg heboh banget cerita pengalaman ketemu hammersharks di salah satu negara benua Amerika, dan cerita itu mulu berhari-hari…aduh, memang menakjubkan untuk ngeliat hammersharks yg ngujubile banyaknya di sana, tapi masih banyak marine species lain yang menarik ๐Ÿ™‚ sampai capek banget dengernya… eh, jadi curhat ya?

    1. Hahaha bau2an yang “lain” juga. Kadang ada orang mikir krn dia udh basah2an main di laut, jadi gak perlu mandi. Ini parah ๐Ÿ˜€

      Betul, org yg kayak nomer 8 itu tuh banyak loh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s