Dive Bunaken – Lembeh

Tanggal 17 Januari 2014 saya membawa rombongan penyelam (total 7 orang) ke Manado. Perjalanan kali ini agak sedikit terganggu karena Manado ketika itu baru saja dilanda banjir bandang akibat hujan berhari-hari yang menyebabkan sungai meluap. Rombongan seharusnya ada 10 orang. Namun 2 orang cancel karena dinas kantor, 1 orang mundur karena khawatir kondisi laut di Bunaken.

Hotel tempat kami menginap, Grand Luley Resort & Dive, seharusnya dapat dicapai sekitar 45 menit dari airport, namun karena efek banjir, perjalanan sedikit memakan waktu lebih lama. Grand Luley Resort & Dive terletak di desa Tongkaina Manado. Resort ini dekat sekali dengan pulau Bunaken. Perjalanan ke pulau Bunaken dari resort dapat dicapai hanya dalam waktu 10-15 menit. Ini adalah dive resort yang paling dekat dengan Bunaken. Resort bintang 4 ini dahulu bernama Santika Premiere, namun dengan berganti kepemilikan, nama hotel diganti. Saat ini hotel telah direnovasi dengan arsitektur yang lebih bagus.

Dalam perjalanan ke hotel, kami melewati suatu daerah yang terkena dampak banjir. Banjirnya sudah surut tetapi menyisakan lumpur tebal. Di sisi jalan banyak didirikan posko banjir. Kamipun suka rela menyumbang. Semoga banjir tidak lagi melanda kota Manado yang terkenal dengan wisata laut dan kuliner-nya itu. Karena akibat banjir bandang, praktis kota Manado lumpuh.

Sesampai di hotel, kami langsung bersiap untuk melakukan check dive. Keadaan laut memang sedang berombak karena efek angin barat dan tekanan udara rendah di Filipina yang menyebabkan cuaca Manado tidak bersahabat. Beruntung hotel kami dekat dengan Bunaken, jadi perjalanan terombang ambing ombak tidak lama. Di sisi Timur Bunaken, permukaan laut tenang. Kami pun bisa menyelam. Namun visibility menjadi sedikit berkurang dari yang biasanya akibat kondisi cuaca.

Karena kondisi laut yang kurang baik di Bunaken, esok harinya kami melanjutkan diving ke Lembeh, sisi lain kota Manado. Dari hotel kami ke pelabuhan Bitung Lembeh, perjalanan ditempuh dalam waktu kira-kira 2 jam.

Dalam perjalanan dari pelabuhan ke dive site, kami disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Marischka Prudence pernah menulis keindahan Lembeh di blog-nya.

Image
View Lembeh

Lembeh terkenal dengan muck diving, karena kondisi site-nya berpasir dan banyak ditemukan critter yang unik di sini, contohnya wonderpus octopus, mantis, frog fish, mandarin fish, banggai cardinal & nudibranch. Ada juga bubble coral garden yang indah.

Image
Wonderpus Octopus
Image
Mantis. Photo by Melriansyah
Image
Banggai Cardinal
frog fish
Orange Frog Fish. Photo by Melriansyah
Image
Bubble coral garden
Disambut pelangi pas muncul ke permukaan
Disambut pelangi pas muncul ke permukaan
Narsis with Marischka Prudence :)
Narsis with Marischka Prudence 🙂

Hari berikutnya, kondisi Bunaken sudah mulai kondusif. Kami bisa diving di spot-spot yang pada hari pertama tidak bisa diselami karena ombak besar. Di Bunaken kami memberi makan ikan di dasar laut dan diving closely dengan kura-kura.

Image
Marischka Prudence feed the fishes

Malam harinya menjadi malam terakhir kami di Manado. Kami menyempatkan diri untuk berkuliner di Manado. Namun karena banyak akses yang terputus akibat banjir, tidak banyak pilihan kuliner yang dapat dikunjungi. Untung ada satu restoran terkenal yang masih dapat diakses, yaitu restoran Wisata Bahari. Ini adalah restoran seafood khas Manado yang terletak di jalan Wolter Mongonsidi.

Image
Dinner at Wisata Bahari Restaurant Manado

The next day, the diving trip end. Please introduce the divers:

Image
Belakang dari kiri ke kanan: Jodi, Me (Rezki), Marischka Prudence
Depan dari kiri ke kanan: Melriansyah, Greta, Elga, Christy

Note: Waktu terbaik mengunjungi Bunaken: April – Oktober

@Rezkito

Advertisements

2 thoughts on “Dive Bunaken – Lembeh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s