Amed for Rescue Mission

Eits jangan salah sangka.  Amed aman-aman saja :). Maksudnya, saya ambil kursus Rescue Diver di Amed Bali. Kenapa musti di Bali? Ya pengen aja di Bali, kualitas bawah lautnya bagus dan masih mudah dicapai dari Jakarta. Kenapa musti Amed? Faktor harga aja, lebih murah! :). Tapi gak murahan kok, dive resort tempat saya kursus adalah 5* dive resort, tapi harganya sangat kompetitif.  Amed termasuk wilayah remote di Bali. Amed terletak di daerah ujung timur Pulau Dewata Bali. Perjalanan ke sana dari Denpasar sekitar 3 jam. Namun selama perjalanan anda akan disuguhi panorama sawah dan pegunungan yang indah. Amed terkenal akan sunrise-nya atau suasana matahari terbit yang dapat anda nikmati di kawasan pantai Amed. Suasana Pantai Amed masih asli dan asri, belum terjamah oleh budaya asing.

Image
Resort tempat kami menginap

Image

Image
Panorama pantai Amed

Ngapain sih ngambil kursus Rescue Diver. Nah, saya merasa ini perlu. Pertama, supaya saya mengerti lebih jauh mengenai dive safety bagi diri sendiri maupun orang lain. Terutama kalau saya membawa rombongan diver untuk dive trip. Kedua, mampu menghadapi situasi yang tidak diinginkan dan cara mengatasinya. Sebagaimana diketahui, diving itu menerapkan sistem buddy. Jadi diver yang satu bisa membantu diver yang lain jika terjadi sesuatu hal.

Instruktur saya ngajarnya sangat perfectionist. Bagi orang yang sensitif, mungkin akan berpikir kalo instrukturnya gak rela muridnya lulus :D.  Ada aja kita disuruh kelarin ini itu. Trus dia bikin 6 scenario rescue yang susah-susah. Yah bagi saya susah, soalnya gampang capek :). Tapi dia orangnya baik kok dan benar-benar banyak membagi ilmu, even ilmu yang tidak saya dapat di kursus open water & advance open water yang seharusnya sudah diajarkan di level itu.

Eh by the way, instruktur saya cewek! Rada minder juga diajarin kursus sama cewek, kursus rescue pula! Nih orangnya:

Image

Apa saja yang diajarin di kursus tersebut? Yaitu, cara menghindari kejadian karena tidak berfungsinya alat selam, cara mengatasi tidak berfungsinya alat selam, cara mengatasi sengatan hewan laut, cara mengatasi diver yang mengalami keram, cara mengatasi diver panik di bawah dan di permukaan air, cara mengatasi diver tidak sadarkan diri di bawah dan di permukaan air, cara mencari diver yang hilang, cara memberikan pernapasan penyelamatan (rescue breath) di permukaan air dan di darat, cara menarik diver dari permukaan air ke darat atau kapal, dan cara memberikan emergency oxygen.

Setelah serangkaian kegiatan yang melelahkan itu, pada bulan December 2013, tepatnya tanggal 10, saya resmi menjadi Rescue Diver. Yes! 😉

@Rezkito

Advertisements

2 thoughts on “Amed for Rescue Mission

  1. seneng banget baca blog ini. anyway saya baru mengenal hobby diving 2 tahunan ini, dan ngambil advance di amed, puriwirata, bali reef diver ini juga lho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s