Financing Dive Hobby

Diving itu biasanya identik dengan kata mahal. Mulai dari kursusnya, beli peralatannya, sampai dengan trip-nya. Teman-teman saya banyak yang ingin sekali kursus diving, tapi belum juga terlaksana karena harganya yang relatif mahal.

Tetapi dengan trik-trik tertentu, biaya-biaya tersebut dapat ditekan. Berikut ini trik atau cara untuk membiayai hobi diving:

KURSUS DIVING

Di tulisan terdahulu berjudul “Belajar Diving”, saya sudah pernah menyinggung bahwa untuk kursus diving, ada 3 kategori tempat kursus diving. Pertama, 5* dive center, yang harganya cukup mahal. Bahkan seringkali menggunakan Dollar dalam menentukan harga.  Sehingga kalau kurs Rupiah sedang tidak bagus, bakalan cukup menguras kantong. Karena statusnya yang bintang 5, fasilitas di dive center ini cukup lengkap, seperti adanya kolam untuk latihan, dan menjual brand alat diving tertentu. Kedua, dive center biasa. Harganya masih tergolong standar (untuk kursus PADI open water, biasanya sekitar Rp. 5 juta – 5,5 juta). Dive center ini tidak mempunyai kolam sendiri. Biasanya menggunakan kolam renang umum untuk latihan. Namun dive center ini juga ada yang bekerja sama dengan brand tertentu untuk penjualan retail. Ketiga, independent/freelance diving instructor. Nah yang ini biasanya harganya bisa lebih murah daripada kedua dive center tadi. Mungkin karena tidak ada margin yang diambil untuk dive center. Latihan kolamnya juga biasanya menggunakan kolam renang umum.  Ujian praktek di Pulau biasanya menginap di pulau berpenduduk non resort yang penginapannya tidak terlalu mahal (homestay). Untuk yang dekat dengan Jakarta, biasanya di Pulau Pramuka dan Pulau Pari.

Independent diving instructor itu tidak berafiliasi dengan dive center. Tapi full time mengajar diving untuk mencari nafkah. Freelance diving instructor biasanya bekerja di sebuah perusahaan, dan mengajar diving di waktu senggangnya.

BELI DIVE GEAR

Ada beberapa cara untuk memperoleh dive gear dengan harga yang cukup murah, antara lain:

Bagi anda yang mengikuti kursus di dive center, biasanya dive center akan memberikan diskon pembelian peralatan diving untuk murid. Diskon yang diberikan antara 10%-20%. Lumayan untuk menghemat uang.

Bisa juga berburu dive gear di ajang pameran diving. Yang biasanya diadakan setahun sekali, seperti pada pameran Deep and Extreme Indonesia dan Scubazaar, dimana banyak sekali diskon-diskon miring. Pada hari kemerdekaan RI, ada beberapa dive center yang memberikan diskon cukup besar

Atau berburu dive gear second layak pakai. Biasanya dijual di http://www.forumselam.com atau di group facebook “jual beli dive gear”.

DIVE TRIP

Untuk meningkatkan diving skill, biasanya para diver melakukan dive trip. Terkadang dive trip ini cukup menguras kantong karena harus bepergian jauh menggunakan pesawat ke tempat-tempat terbaik untuk melakukan diving.

Berikut ini adalah cara untuk membiayai dan atau menghemat dive trip:

1. Menabung

Ini memang klasik. Tapi kalau kita sudah tahu tujuan kita apa (what will we do), mau kemana (where will we go), dan menggunakan apa (how will we go), kita akan bisa mencari perkiraan harganya. Tentunya sebisa mungkin mencari harga yang lebih hemat. Ketika kita sudah mengetahuinya, kita tinggal menghitung berapa uang yang harus kita sisihkan setiap bulannya untuk keperluan dive trip ini sampai pada tanggal dive trip yang telah ditentukan. Menabung cocok jika ingin dive trip ke tempat-tempat yang terbilang mahal karena letaknya yang jauh, aksesnya yang sulit, namun alamnya bagus sekali, contohnya dive trip ke Raja Ampat atau Wakatobi.

Beberapa bank menawarkan tabungan berjangka untuk keperluan khusus, dimana jangka waktu tabungan dan jumlah setorannya flexible, serta bunganya menarik.

2. Credit card

Ya kadang credit card membantu untuk membiayai perjalanan kita. Penggunaannya hanyalah untuk menunda pembayaran sekarang. Terutama jika kita sedang kekurangan uang di saat sekarang, sementara promo tiket pesawat murah atau hotel murah tidak bisa menunggu sampai kita gajian. Tapi begitu gajian, jangan lupa untuk bayar. Karena percuma saja dapat harga murah tapi harus bayar bunga :).

3. Promo flight dan hotel

Untuk bisa tahu apakah maskapai pesawat dan hotel mengadakan promo, kita perlu sign up di website mereka supaya kita menerima newsletter mengenai promo-promo yang diadakan. Atau kita bisa mengikuti akun social media maskapai penerbangan untuk mendapatkan info promo. Beberapa penerbangan bisa memberikan harga miring ke Bali, Lombok, Balikpapan, Makassar dan tujuan lainnya di mana terdapat dive spot.

4. Timing beli tiket dan hotel

Maskapai penerbangan akan memberikan harga yang lebih murah jika kita booking jauh-jauh hari. Untuk itu coba rencanakan dive trip anda jauh-jauh hari.

Harga tiket pesawat dengan keberangkatan subuh dan malam hari lebih murah dibandingkan dengan keberangkatan pagi, siang ataupun sore.

Keberangkatan di weekdays akan lebih murah dibandingkan berangkat di weekend.

Hindari melakukan dive trip pada high season (biasanya bulan Juni dan Desember), karena harga pesawat dan hotel akan melonjak tinggi.

5. Term of payment

Beberapa dive trip organizer biasanya memberikan term of payment dua sampai 3 kali pembayaran, jadi kita tidak usah bayar full di depan semuanya, sehingga tidak terlalu menguras kantong seketika. Biasanya dive trip organizer meminta uang muka 25%-50%, sisanya dibayarkan H-7 atau bahkan ketika dive trip selesai. So lumayan kan bisa dua kali gajian bayar dive trip-nya :).

Beberapa dive trip organizer aktif antara lain indonesiadivesafaris.comtripanaklaut.com, dive-indonesia.co.id. Silahkan komparasi harga terbaik.

6. Berangkat rame-rame

Nah ini juga paling penting dari dive trip. Jika yang ikut dive trip kurang dari 4 orang, biasanya susah untuk dapat harga spesial dari dive operator. Oleh karena itu lebih baik ajak teman-teman sesama diver untuk melakukan dive trip rame-rame, jadi harga bisa ditekan 10%-20%. Atau jika tidak ada teman yang bisa diajak, sementara sudah tidak tahan mau diving, bisa ikut paket dive trip dari dive trip organizer, karena bisa pergi rame-rame dan menambah kenalan. Syukur-syukur dapat jodoh :).

Pergi rame-rame juga dapat meringankan biaya akomodasi, transportasi, dan sewa boat. Karena biaya-biaya tersebut bisa ditanggung bersama-sama (cost sharing).

Di www.indonesiadivesafaris.com anda bisa memesan paket dive trip kapan saja jika sudah terkumpul cukup orang.

7. Bring own equipment

Nah kalau anda sudah mempunyai alat diving sendiri, ada baiknya untuk dibawa. Karena beberapa paket dive trip tidak termasuk sewa alat diving. Kalau sudah punya alat diving sendiri kan bisa menghemat biaya sewa alat diving. Biasanya sewa alat diving full set berkisar antara Rp.150.000 – Rp.200.000/hari.  Bisa juga pinjam alat selam teman :).

8. Volunteer

Kalau mau diving gratis atau murah, bisa jadi volunteer dalam acara-acara social yang berhubungan dengan diving, seperti acara “Beach & Underwater Clean Up” yang diadakan setiap tahun.

Atau bisa juga sign up jadi volunteer di Maldives untuk Marine Conservation. Tapi untuk jadi volunteer di sana bayar $1800 untuk kegiatan 4 minggu. Yang mana lumayan murah untuk tinggal selama 4 minggu, dibandingkan dengan biaya yang sama hanya bisa seminggu saja untuk tujuan leisure.

Biaya tersebut sudah termasuk akomodasi, makan, transport, dan local sim card. So lumayan kan :).

9. Cari Sponsor

Walaupun agak sulit, tapi bisa dilakukan. Memang untuk hal ini sponsor akan meminta imbal balik / barter. Apa yg bisa kita berikan untuk sponsor? Biasanya sponsor meminta publikasi, bisa melalui social media (syaratnya jumlah follower kita harus banyak), atau melalui blog kita (syaratnya jumlah kunjungan ke blog kita harus banyak).

Dive Padang Bai Bali
Dive trip ke Padang Bai – Bali

Oke guys, selamat menikmati hobi diving-nya 😉

@Rezkito

Advertisements

12 thoughts on “Financing Dive Hobby

  1. Bagus sekali berbagi pengalaman ini. Banyak yang takut ya karena mahal dan membuat ketagihan hobbynya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s